Bahaya Batu Empedu

Batu empedu dan saluran kemih bisa menyebabkan terjadinya infeksi dan sumbatan aliran urin. Jika diabaikan, dalam jangka waktu tertentu, keadaan ini bisa merusak dan menurunkan fungsi ginjal yang membahayakan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Batu dengan ukuran lebih dari 5mm akan menyumbat saluran kemih, sehingga jika dibiarkan akan membuat empedu membengkak dan menipis sehingga menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Oleh sebab itu, pasien yang diduga mengalami batu empedu dan saluran kemih, disarankan berkonsultasi dengan dokter ahli. Untuk prosedur pemeriksaan, terlebih dahulu dilakukan dengan wawancara untuk mencari gejala adanya penyakit batu empedu dan kemih. Berikutnya, akan dilakukan pemeriksaan ada atau tidaknya batu diempedu, kandung kencing dan saluran urethra.

Setelah kedua pemeriksaan itu, akan dilanjutan dengan pemeriksaan laboratorium, seperti: pemeriksaan urin dan kratinine serta pemeriksaan pencitraan dengan menggunakan USG, BNO-IVP dan CT-Scan adalah langkah selanjutnya.

Belum ada data pasti berapa jumlah penderita batu empedu maupun batu saluran kemih di Indonesia. Sebagai catatan, di Negara barat batu empedu ini sering terjadi. Sebagai gambaran di Amerika Serikat setidaknya terdapat 20juta orang penderita batu empedu. Sedangkan untuk Indonesia, belum ada data yang tepat jumlah penderitanya. Di Amerika kebanyakan kasus batu empedu adalah batu kolesterol sebab gaya hidup dan faktor resiko masyarakat Amerika yang dekat sekali dengan konsumsi lemak dan obesitas.

Begitu juga dengan data penderita saluran kemih. Kendati angka pastinya masih gelap, namun jumlahnya diperkirakan kian bertambah. Kasus batu pada saluran kemih sangat dipengaruhi pada kesadaran masyarakat. Pada masyarakat yang memiliki edukasi baik seperti di Eropa, kasus batu yang ditemukan pada mereka terbilang sudah jarang yang berbentuk batu yang besar. Kebanyakan adalah kasus batu dibawah 2cm. Fakta tersebut berbanding dengan kasus-kasus batu saluran kemih di Indonesia. Dengan latar belakang masyarakat yang belum memiliki kesadaran tentang penyakit ini, masih banyak ditemui kasus batu saluran kemih berbentuk besar atau biasa disebut dengan batu cetak dengan ukuran 5cm ke atas.

Kemajuan teknologi kedokteran merupakan berkah bagi penanganan batu empedu dan saluran kemih. Batu empedu yang tersembunyi dan dahulunya sulit didiagnosis perlahan mulai menemukan titik terang. Begitu juga dengan saluran kemih, yang bahkan lebih maju lagi karena sudah bisa ditangani tanpa operasi.

Tinggal sekarang, bagaimana meningkatkan kesadaran masyarat terhadap bahaya kedua penyakit tersebut yang notabene masih rendah. Apalagi, orang kerap beranggap bahwa keluhan yang muncul karena batu empedu adalah penyakit maag atau penyakit perut lainnya. Padahal tidaklah demikian, sama dengan batu saluran kemih yang dianggap sebagai pegal-pegal biasa akibat kelelahan usai kerja.


=====================================

>>>Obat Batu Ginjal Herbal Untuk Membantu Meluruhkan Batu Oksalat Di Ginjal dan Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in batu ginjal and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *